Cara Menata Ulang Dan Menghilangkan Error Di Hardisk

Sudah berapa lama anda menggunakan PC atau Laptop Apakah 5-12-24 Bulan, Sering menginstall dan menghapus aplikasi, apa sering terjadi error karena tiba-tiba mati lampu. Semakin lama anda menggunakannya maka semakin besar kemungkinan Hardisk akan  berantakan alias tidak rapi susunan file nya sehingga menimbulkan Bad Sector dan Membuat kerja hardisk menjadi lambat. Ibarat pakaian di lemari yang setiap hari anda pakai kalau tidak di susun rapi maka anda akan binggung saat mencari baju yang di inginkan. Begitu juga dengan hardisk tanpa di tata ulang lama - lama akan lemot.  Operating system sudah menyediakan tool untuk merapikan susunan file tersebut yaitu menggunakan Defragmenter atau Disk Defragmenter. 



Disk Defragmenter adalah utilitas di Microsoft Windows yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan akses dengan menata ulang file yang tersimpan di disk untuk menempati lokasi penyimpanan, teknik yang disebut defragmentasi. Setelah di Defrag Sistem akan di mudahkan untuk membaca dan menulis file ke disk karena sudah di tata ulang dengan rapi.


Cara Menata Ulang File Di Hardisk Di Windows 10 :
1. Klik Kanan Drive yang ingin di Defrag, Drive C, D atau Drive lainnya juga bisa. Lalu Properties

2. Klik Tool > Optimize Pilih Drive Disk yang ingin di Defrag lalu klik Optimize tunggu hingga defragnya selesai. lakukan pada drive lainnya juga.


3. Jika sudah selesai di Defrag Restar PC atau Laptop  anda. Coba rasakan apakah hardisk anda lebih cepat saat menulis dan membaca file.


Cara Menghilangkan Error Pada Hardisk :
Jika hardisk terjadi error anda bisa menggunakan cara ini yaitu Disk Cleanup, Membersihkan file - file yang error menjadi kembali seperti semula.

1. Klik Kanan pada Drive Properties > General > Disk Cleanup dan Centang File yang ada tulisan error. Jika sudah Klik Clean up system files lalu OK


Note :
  • Lakukan cara ini agar hardisk anda selalu optimal saat di gunakan.
  • Untuk pengguna Win 7 dan 8 Cara nya hampir sama.
  • Semoga bermanfaat.


0 komentar

Posting Komentar

Ada Pertanyaan ? Silahkan Ketik Komentar Anda Pada Form Komentar